Rabu, 05 Desember 2012

Cara Menyusun Aktifitas Sehari-hari




 
 



1.             Cara menyusun aktivitas sehari-hari anak di Lembaga Taman Kanak-kanak adalah dengan membuat SKM (Satuan Kegiatan Mingguan) dan SKH  (Satuan Kegiatan Harian) dimana landasan pembuatannya berdasarkan:
a.    Tema dan sasaran
     Tema adalah kondisi atau konteks yang menjadi fokus dilaksanakan berbagai aktivitas atau kegiatan pembelajaran.
b.    Sistem Pelayanan
     Sistem pelayanan ini berisi proses pengaturan atau regulasi tentang penggunaan berbagai pusat atau sentra belajar dan langkah-langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
c.    Susunan Aktivitas Sehari-hari
     Aktivitas keseharian anak TK secara tradisional biasanya disusun dalam bentuk aktivitas setengah hari (Half day session) Pada kebutuhan tertentu pengelolaan aktivitas sehari-hari juga dapat disusun melalui program sehari penuh (Ful day activity)
Bentuk dari ketiganya kemudian dibuat secara sistematik dalam bentuk buku ( tabel ) yang diisi oleh guru pada setiap hari dan minggu yang kemudian menjadi pedoman pelaksanaan pendidikan di taman kanak-kanak.

2.             Kriteria pemilihan dan penataran alat perlengkapan:
a.    Bahan yang dipilih harus sesuai dengan fasilitas yang ada pada sasaran program pengembangan, sebaiknya alat dipilih sesuai dengan program pengembangan yang dipilih oleh guru seperti alat perlengkapan program sains, bahasa,sosial baik yang didalam ruangan maupun yang ada diluar ruangan.
b.    Kesesuaian dengan anggaran yang ada, sebaiknya diadakan pemetaan alat, pemilihan alat ini untuk menyesuaikan kebutuhan alat perlengkapan dengan dana yang dimiliki.
c.    Luas ruangan yang dimiliki, Pemilihan alat perlengkapan juga harus disesuaikan dengan ruang yang dimiliki baik alat yang didalam ruangan maupun yang di luar ruangan.
d.    Menunjukkan nilai ekonomis, alat yang dipilih harus memiliki nilai ekonomis dan mempunyai daya guna bagi anak.
e.    Bahan-bahan perlengkapan dibeli pada lembaga yang jelas, supaya barang yang dibeli sudah dianalisis dan dipertimbangkan nilai pedagogisnya untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
f.     Mengecek material bahan-bahan yang digunakan, berguna untuk menghindari bahaya dan kesalahan yang mungkin terdapat didalam alat-alat perlengkapan tersebut.
g.    Keamanan, alat yang dikatakan aman adalah alat yang jika dipergunakan tidak membahayakan anak baik secara fisik maupun psikologis.
h.    Pemeliharaan, pengelola yang baik seharusnya mempunyai tempat perawatan dan penyimpanan alat sehingga alat tersebut dapat efektif pamakaiannya.
i.      Estetika, adalah kemampuan pengelola khususnya guru untuk mengatur letak, warna sehingga menampilkan keindahan dan kenyamanan anak dalam bermain, ini juga salah satu bagian dari seni.
3.              Tujuan lembaga taman kanak-kanak mengadakan promosi adalah :
a.   Mengenalkan kepada publik  yang lebih luas bahwa telah berdiri TK dengan fasilitas yang lebih atau program pembelajaran yang berbeda dengan TK yang lain.
b.   Untuk dapat memenuhi batasan minimal kapasitas peserta didik.
c.    Untuk mengundang publik yang lebih luas supaya mengerti atau meminta keterangan tentang lembaga pendidikan TK kita.
d.   Untuk dapat mengundang jangkauan publik yang lebih luas agar bersedia menyekolahkan putra/puteri mereka di sekolah kita.
e.   Untuk tetap mempertahankan keberadaan lembaga pendidikan TK kita agar senantiasa berada di garda terdepan dalam kompetisi.

4.                  BAGAN PROPOSAL PENDIRIAN TK.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar