|
1.
Cara
menyusun aktivitas sehari-hari anak di Lembaga Taman Kanak-kanak adalah dengan
membuat SKM (Satuan Kegiatan Mingguan) dan SKH
(Satuan Kegiatan Harian) dimana landasan pembuatannya berdasarkan:
a.
Tema
dan sasaran
Tema
adalah kondisi atau konteks yang menjadi fokus dilaksanakan berbagai aktivitas
atau kegiatan pembelajaran.
b.
Sistem
Pelayanan
Sistem
pelayanan ini berisi proses pengaturan atau regulasi tentang penggunaan
berbagai pusat atau sentra belajar dan langkah-langkah pelaksanaan kegiatan
pembelajaran.
c.
Susunan
Aktivitas Sehari-hari
Aktivitas
keseharian anak TK secara tradisional biasanya disusun dalam bentuk aktivitas
setengah hari (Half day session) Pada kebutuhan tertentu pengelolaan aktivitas
sehari-hari juga dapat disusun melalui program sehari penuh (Ful day activity)
Bentuk dari ketiganya kemudian dibuat secara sistematik dalam
bentuk buku ( tabel ) yang diisi oleh guru pada setiap hari dan minggu yang
kemudian menjadi pedoman pelaksanaan pendidikan di taman kanak-kanak.
2.
Kriteria
pemilihan dan penataran alat perlengkapan:
a.
Bahan yang dipilih harus sesuai
dengan fasilitas yang ada pada sasaran program pengembangan, sebaiknya alat dipilih sesuai
dengan program pengembangan yang dipilih oleh guru seperti alat perlengkapan
program sains, bahasa,sosial baik yang didalam ruangan maupun yang ada diluar
ruangan.
b.
Kesesuaian dengan anggaran yang ada, sebaiknya diadakan pemetaan alat,
pemilihan alat ini untuk menyesuaikan kebutuhan alat perlengkapan dengan dana
yang dimiliki.
c.
Luas ruangan yang dimiliki, Pemilihan alat perlengkapan juga
harus disesuaikan dengan ruang yang dimiliki baik alat yang didalam ruangan
maupun yang di luar ruangan.
d.
Menunjukkan nilai ekonomis, alat yang dipilih harus memiliki
nilai ekonomis dan mempunyai daya guna bagi anak.
e.
Bahan-bahan perlengkapan dibeli pada
lembaga yang jelas,
supaya barang yang dibeli sudah dianalisis dan dipertimbangkan nilai
pedagogisnya untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
f.
Mengecek material bahan-bahan yang
digunakan, berguna
untuk menghindari bahaya dan kesalahan yang mungkin terdapat didalam alat-alat
perlengkapan tersebut.
g.
Keamanan, alat yang dikatakan aman adalah
alat yang jika dipergunakan tidak membahayakan anak baik secara fisik maupun
psikologis.
h.
Pemeliharaan, pengelola yang baik seharusnya
mempunyai tempat perawatan dan penyimpanan alat sehingga alat tersebut dapat
efektif pamakaiannya.
i.
Estetika, adalah kemampuan pengelola
khususnya guru untuk mengatur letak, warna sehingga menampilkan keindahan dan
kenyamanan anak dalam bermain, ini juga salah satu bagian dari seni.
3.
Tujuan
lembaga taman kanak-kanak mengadakan promosi adalah :
a.
Mengenalkan
kepada publik yang lebih luas bahwa
telah berdiri TK dengan fasilitas yang lebih atau program pembelajaran yang
berbeda dengan TK yang lain.
b.
Untuk
dapat memenuhi batasan minimal kapasitas peserta didik.
c.
Untuk
mengundang publik yang lebih luas supaya mengerti atau meminta keterangan
tentang lembaga pendidikan TK kita.
d.
Untuk
dapat mengundang jangkauan publik yang lebih luas agar bersedia menyekolahkan
putra/puteri mereka di sekolah kita.
e.
Untuk
tetap mempertahankan keberadaan lembaga pendidikan TK kita agar senantiasa
berada di garda terdepan dalam kompetisi.
4.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar